Garuda SMAPONG ‘Mencengkram Emas’ dalam Karnaval Hari Kemerdekaan


      Seolah tak ingin ketinggalan menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, SMA Negeri 1 Muntilan ikut serta dalam acara karnaval tahunan yang diadakan Pemerintah Kecamatan Muntilan, Minggu (20/08).
               Acara yang diadakan setahun sekali ini menjadi ajang pengembangan kreativitas bagi para pesertanya, termasuk kontingen SMA Negeri 1 Muntilan yang pada tahun ini mengambil tema Saya Indonesia, Saya Pancasila. Tema tersebut diambil karena masih bertepatan dengan pekan pancasila. Diharapkan dengan diambilnya tema ini, tim SMA Negeri 1 Muntilan dapat menyalurkan dan memperkenalkan dasar-dasar pancasila serta menarik minat masyarakat agar dapat menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
            Perwujudan tema yang dipilih itu dilambangkan dengan dibuatnya sebuah replika garuda raksasa yang merupakan lambang dasar negara dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa sebenarnya Indonesia merupakan negara besar yang kuat, seperti Burung Garuda. Pembuatan garuda raksasa itu juga ditujukan sebagai titik pusat perhatian SMA N 1 Muntilan sehingga dapat memberikan kesan apik  bagi masyarakat yang melihatnya.
            Persiapan matang dalam pencarian peserta yang akan mengikuti karnaval, seperti mengumpulkan kelompok siswa penari tradisional, sector 66, siswa berseragam, dan dua tokoh proklamator dilakukan dengan teliti. Sebelumnya, siswa-siswa itu diberikan bimbingan agar mengetahui mekanisme pelaksanaan dan meminimalisasi miss komunikasi. Disisi lain, Osis 39 juga mengumpulkan siswa yang unggul dalam seni dekorasi untuk membantu pembuatan pernak-pernik karnaval, termasuk menggagas pembuatan patung garuda raksasa.
            Berbagai kendala yang dihadapi tidak menyurutkan semangat tim SMA Negeri 1 Muntilan untuk berpartisipasi dalam ajang yang digelar setahun sekali itu. Buktinya, walaupun sempat terjadi beberapa kesalahan dalam koordinasi dan komunikasi antara panitia dan peserta mengenai jam keberangkatan, namun Tim SMA N 1 Muntilan sukses merebut Juara Umum pada hari itu. Usai meraih penghargaan tersebut, Alesa, salah satu panitia mengatakan, “Saya merasa bangga dan senang sekali karena bisa menjadi juara umum. Kami bisa menjadi yang terbaik dari sekian banyak kontestan, itu adalah hal luar biasa. Kerja keras dan usaha tidak akan mengkhianati hasil. Semoga dengan mendapat juara umum, akan menyumbang dalam mengharumkan nama SMA N 1 Muntilan dan memotivasi agar tahun depan bisa lebih baik lagi.”
            Tak berbeda dengan Alesa yang merasa bangga dengan pencapaian prestasi itu, Zildjian, salah satu guru yang memiliki peran penting atas kesuksesan tim karnaval SMA N 1 Muntilan menambahkan, “Penghargaan ini semoga dapat bermanfaat bagi SMA N 1 Muntilan yang baru saja ditunjuk sebagai sekolah rujukan. Hal ini membuktikan bahwa SMA N 1 Muntilan adalah sekolah yang unggul dalam bidang akademik maupun non akademik.”


-Ay-

Komentar